Cara Memelihara Ayam Hias Pheasant Masih Menjadi Tantangan

Cara Memelihara Ayam Hias Pheasant masih menjadi tantangan bagi Peternak Ayam Pheasant

Cara memelihara ayam hias Pheasant saat ini masih menjadi tantangan bagi para peternak ayam hias di Indonesia, karena budidaya ayam pheasant ini terkenal cukup sulit. Diantaranya yang terkenal sulit berkembang dari jenis ayam pheasant ini adalah ayam Lady Amherst dan ayam Golden Pheasant, sedangkan untuk ayam Ring neck pheasant dikenal cukup mudah diternakkan.

Untuk itu budidaya ayam pheasant masih menjadi peluang yang menggiurkan dalam bisnis ternak ayam hias. Tak heran hingga saat ini masih banyak yang diimpor dari berbagai negara di dunia. dan masih banyak jenis2 ayam pheasant exotic lainnya yang masih langka di indonesia seperti Reeves pheasant, Tragopan, Siamese, Eared pheasant dan lainnya.

Jika anda ingin mengetahui jenis ayam hias pheasant lebih lanjut silahkan baca : JUAL AYAM HIAS PHEASANT ATAU AYAM PEGAR BERKUALITAS

AYAM GOLDEN PHEASANT

Beternak Ayam Pheasant yang eksotis

Untuk bisa beternak ayam pheasant, kita sebaiknya memahami bagaimana perilaku ayam hias ini dengan baik. Rata rata jenis ayam pheasant hanya bertelur satu tahun sekali, belum lagi usia matang kelamin ayam pheasant tergolong lebih lama dari ayam biasa, bahkan beberapa jenis pheasant mencapai usia matang kelamin di usia 3-4 tahun. Hal ini tentunya akan mempengaruhi proses beternak ayam pheasant dan para peternaknya.

Dan tidak sedikit yang menyerah karena kurang tekun dalam perawatan ayam hias pheasant ini. Bahkan ada isu bahwa ayam pheasant yang berada di Indonesia ini semuanya telah di steril kan sehingga tidak bisa mempunyai anak. Sehingga menjadi semacam pembenaran bagi peternak ayam hias pheasant dan memilih menjual kembali ayam pheasant yang mereka miliki. Oleh karena itu faktor kecintaan dan hobi menjadi sangat penting jika anda ingin serius di bisnis budidaya ayam pheasant ini.

Ayam hias golden pheasant

Cara Memelihara Ayam Hias Pheasant dan Merawat Ayam Pheasant

Berikut ini beberapa cara memelihara ayam hias Pheasant dan merawat ayam pheasant yang bisa anda ketahui :

Penyakit Ayam Hias Pheasant

Meskipun Ayam Pheasant lebih tahan terhadap perubahan iklim dan mereka juga tidak mudah stress meskipun pindah kandang akan tetapi ayam pheasant ini tetaplah golongan unggas yang harus selalu waspada dengan penyakit umum pada unggas lainnya. Penyakit yang harus diwaspadai adalah Virus yang dapat menyebar melalui udara. Penyakit umum pada unggas seperti Snot, Kolera, CRd, Pullorum, Korisa dan lain lain juga dapat menyerang ayam pheasant.

Cara pengobatan penyakit ayam hias pheasant pun relatif sama dengan unggas lainnya. Pemberian obat seperti Trimizyne, tetrachloor, anti snot dan masih banyak lagi jenisnya harus diperhatikan sesuai dosis. Akan tetapi bagaimanapun juga Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Dengan memperhatikan selalu pakan, gizi dan nutrisi yang baik pada ayam pheasant akan meningkatkan kesehatan kekebalan pada unggas. Vitamin pabrikan boleh diberikan untuk menambah asupan vitamin meski lebih baik lagi jika semua Vitamin dan Nutrisi di dapatkan dari makanan sehari hari.

Ayam hias golden pheasant 1

23131773_1986915398260851_688639059712189310_n

Kandang Ayam Pheasant

Pada umumnya kandang ayam pheasant berukuran 1,5 x 1,5 dengan ketinggian 2 meter. Disampingnya anda bisa memakai kawat strimin sebagai dinding kandang dan atap kandang yang umum dipakai untuk memelihara ayam atau burung. Sedangkan di dalam kandang sebaiknya dikasih kayu, ranting pohon atau tongkat sebagai tempat ayam untuk bermain bertengger / nangkring. Sehingga mirip dengan alamnya.
Untuk alasnya sebaiknya menggunakan pasir halus. Sarang ayam pheasant atau nest box dapat kita buat dari kayu dibentuk rumah rumahan seperti pada kandang ayam pada umumnya.
Untuk alas kandang sebaiknya memakai tanah yang bersih saja, karena salah satu hobi ayam pheasant ini adalah mandi tanah, jadi kandang ayam pheasant tidak perlu diberi sekam padi/ dilapisi semen
Kebersihan kandang ayam hias pheasant adalah hal yang paling penting. Kenapa? dengan menjaga kebershian kandang ayam pheasant sudah bisa mencegah penyakit ayam. Sebenarnya bukan hanya untuk ayam pheasant namun juga untuk ayam hias yang lain. kotoran kandang ayam pheasant dibersihkan setiap hari jika memungkinkan. Penyemprotan antiseptic untuk kandang isi boleh dilakukan maksimal 1 minggu sekali. Sedangkan untuk sterilisasi kandang dengan menyemprotkan cairan kimia seperti desinfektan, formalin, formades atau obat lainnya boleh dilakukan sebulan sekali dengan kondisi kandang kosong.

Pakan / makanan untuk ayam hias pheasant

Pakan / makanan untuk ayam hias pheasant relatif sama dengan pakan ayam pada umumnya, hanya saja kita harus memperhatikan kandungan gizinya, sehingga ayam pheasant terjamin kesehatannya. Pemberian buah pepaya bisa dilakukan, karena buah pepaya ini cukup disenangi oleh ayam golden pheasant, disamping itu juga buah pepaya juga sebagai antibiotik.

One comment

  1. […] Cara memelihara Ayam Hias Pheasant sebenarnya tidaklah sulit dilakukan, apalagi jika anda memang hobi memelihara ayam, karena memelihara ayam hias adalah suatu kesenangan tersendiri bagi kalangan pencinta dan penghobi ayam hias, berbagai macam cara dan tips dalam memelihara ayam pheasant bisa berbeda beda, tergantung dari pengalaman ketika beternak ayam hias Pheasant. Berikut ini beberapa kiat agar ayam hias pheasant Anda tetap sehat bisa dibaca disini : Tips Memelihara Ayam Hias Pheasant, Cara Memelihara Ayam Pheasant […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s